Memahami Konsep Tentang E-Learning


Assalamualaikum wr. wb.

Hari ini saya sedikit berbagi info tentang E-Learning.

Sekilas perlu kita pahami ulang apa e-Learning itu sebenarnya. 
E-Learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet. E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas. E-Learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal atau internet. Sebenarnya materi e-Learning tidak harus didistribusikan secara on-line baik melalui jaringan lokal maupun internet, distribusi secara off-line menggunakan media CD/DVD pun termasuk pola e-Learning. Dalam hal ini aplikasi dan materi belajar dikembangkan sesuai kebutuhan dan didistribusikan melalui media CD/DVD, selanjutnya pembelajar dapat memanfatkan CD/DVD tersebut dan belajar di tempat di mana dia berada.

Ada beberapa pengertian berkaitan dengan e-Learning sebagai berikut :

    Pembelajaran jarak jauh.


E-Learning memungkinkan pembelajar untuk menimba ilmu tanpa harus secara fisik menghadiri kelas. Pembelajar bisa berada di Semarang,Surabaya,Jakarta,Jogjakarta sementara “instruktur” dan pelajaran yang diikuti berada di tempat lain, di kota lain bahkan di negara lain. Interaksi bisa dijalankan secara on-line dan real-time ataupun secara off-line atau archieved.

Pembelajar belajar dari komputer di kantor ataupun di rumah dengan memanfaatkan koneksi jaringan lokal ataupun jaringan Internet ataupun menggunakan media CD/DVD yang telah disiapkan. Materi belajar dikelola oleh sebuah pusat penyedia materi di kampus/universitas, atau perusahaan penyedia content tertentu. Pembelajar bisa mengatur sendiri waktu belajar, dan tempat dari mana ia mengakses pelajaran.
Di sini, pembelajar bisa melihat modul-modul yang ditawarkan, bisa mengambil tugas-tugas dan test-test yang harus dikerjakan, serta melihat jadwal diskusi secara maya dengan instruktur, nara sumber lain, dan pembelajar lain. Melalui LMS ini, siswa juga bisa melihat nilai tugas dan test serta peringkatnya berdasarkan nilai (tugas ataupun test) yang diperoleh.




aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk pembelajaran elektronik (E-learning) antara lain:


 chamilo
              



Chamilo adalah sistem e-learning yang lengkap. Aplikasi ini dapat di install dengan mudah dengan waktu yang singkat. Aplikasi ini dapat digunakan guru dan pelatih dan mengajar dalam waktu singkat. Beberapa pengguna melaporkan rasio 1/5 waktu yang dibutuhkan pelatihan dibandingkan dengan LMS open source, sehingga mudah untuk mempersiapkan pembelajaran dalam waktu yang singkat hingga siap untuk di implementasikan. Pelatih bisa bekerja hanya dalam satu hari! Masa depan pengajaran cerah, dan begitu juga Chamilo. Dengan perkembangan dalam penilaian adaptif, pembelajaran sosial dan mobile, keterampilan manajemen dan banyak topik lain yang lebih, asosiasi dan teknologi tinggi anggota Chamilo memastikan Anda mendapatkan perangkat lunak gratis dengan inovasi terbaru dari seluruh dunia.



Claroline


Claroline adalah sebuah platform Open Source eLearning dan eWorking memungkinkan para guru untuk membangun kursus online yang efektif dan mengelola pembelajaran dan kegiatan kolaboratif di web. Diterjemahkan ke dalam 35 bahasa, Claroline memiliki komunitas pengguna di seluruh dunia dan pengembang yang besar.


eFront


eFront adalah sistem belajar yang modern, digabungkan dengan fungsi kunci perusahaan mulai dari analisis keterampilan-gap dan manajemen cabang laporan tailor-made.
 

 Moodle



 
 Moodle adalah Course Management System (CMS), juga dikenal sebagai Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) atau Virtual Learning Environment (VLE). Ini adalah sebuah aplikasi web gratis yang pendidik dapat digunakan untuk membuat situs pembelajaran online yang efektif.



Docebo LMS



DoceboLMS adalah SCORM compliant Open Source e-Learning platform yang digunakan di pasar korporasi, pemerintahan dan pendidikan. DoceboLMS membuatnya sangat mudah untuk membangun konten didaktik pelajaran dan guru bebas untuk menggunakan kembali file yang telah mereka miliki (Powerpoint, Word, PDF, klip film, dll). Pengguna juga dapat dikelola oleh kelompok atau kategori dan juga memungkinkan untuk personalisasi lingkungan grafis untuk sub kelompok pengguna.


TCExam



TCExam adalah sistem floss untuk ujian elektronik (juga dikenal sebagai CBA - Komputer Berbasis Assessment, CBT - Komputer Berbasis Pengujian atau e-ujian) yang memungkinkan pendidik dan pelatih untuk penulis, jadwal, menyampaikan, dan melaporkan kuis, tes dan ujian .



ATutor



ATutor adalah Learning Management System berbasis Web Open Source (LMS) yang digunakan untuk mengembangkan dan memberikan kursus online. Administrator dapat menginstal atau memperbarui ATutor dalam hitungan menit, mengembangkan tema kustom untuk memberikan ATutor tampilan baru, dan mudah memperluas fungsi dengan modul fitur. Pendidik dapat dengan cepat merakit, paket, dan mendistribusikan konten pembelajaran berbasis web, mudah mengimpor konten dikemas, dan melakukan kursus online mereka. Siswa belajar dalam diakses, adaptif, lingkungan pembelajaran sosial.


Dokeos




Dokeos adalah sebuah aplikasi web manajemen elearning dan tentu saja. Ini menyediakan semua fitur yang dibutuhkan untuk e-learning dan dicampur manajemen pembelajaran: Dari Authoring ke Pelaporan. Dokeos mendukung berbagai macam kegiatan belajar dan kolaborasi. Guru / pelatih dapat membuat, mengelola dan mempublikasikan program mereka melalui web. Siswa / peserta dapat mengikuti kursus, membaca konten atau berpartisipasi secara aktif melalui kelompok, forum, chat.


Omeka
 

 Omeka adalah gratis, fleksibel, dan open source platform web-publishing untuk tampilan perpustakaan, museum, arsip, dan koleksi ilmiah dan pameran. Omeka membuat meluncurkan pameran online semudah meluncurkan sebuah blog. Omeka dirancang dengan spesialis non-IT dalam pikiran, yang memungkinkan pengguna untuk fokus pada konten dan interpretasi daripada pemrograman. Ini membawa teknologi Web 2.0 dan pendekatan untuk situs akademik dan budaya untuk mendorong interaksi pengguna dan partisipasi.



sumber : 
http://financesonline.com/uploads/2015/02/Docebo_Logo-e1424258204301.jpg
http://www.userlogos.org/files/logos/steveee/moodle.png
https://www.arvixe.com/images/landing_pages/tcexam_hosting-150x150.png
https://www.webhostinguk.com/images/imgs/ATutor-logo.png
http://www.gestiomedia.com/imagenes/dokeos_logo.jpg
http://axamei.com/presentations/14libtechconf/img/omeka.png