SOP dan K3 Memanjat Tower Jaringan





Pengertian K3 (Kesehatan & Keselamatan Kerja)

Keselamatan (Safety):Perlindungan terhadap pekerja agar tidak  terluka akibat kecelakaan kerja.
Kesehatan (Health) : Pekerja terbebas dari penyakit fisik dan mental.
Kesehatan dan keselamatan kerja cukup penting bagi moral, legalitas, dan finansial. Semua organisasi memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa pekerja dan orang lain yang terlibat tetap berada dalam kondisi aman sepanjang waktu. Praktek K3 (keselamatan kesehatan kerja) meliputi pencegahan, pemberian sanksi, dan kompensasi, juga penyembuhan luka dan perawatan untuk pekerja dan menyediakan perawatan kesehatan dan cuti sakit. K3 terkait dengan ilmu kesehatan kerja, teknik keselamatan, teknik industri, kimia, fisika kesehatan, psikologi organisasi dan industri, ergonomika, dan psikologi kesehatan kerja.


BLC TELKOM SOP (Standart Operating Procedure) dalam Pemanjatan Tower
           Sebelum memanjat tower, kita harus memerhatikan keamanan dan keselamatan kerja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memanjat tower, diantaranya:

    Cuaca

    Kita harus memerhatikan keadaan cuaca di sekitar, apakah mendukung atau tidak. Cuaca sangat berpengaruh ketika kita sudah memanjat tower dan jangan memanjat tower saat cuaca kurang mendukung (mendung, hujan disertai petir, dsb),misalnya saat senja atau malam usahakan untuk menggunakan senter sebagai alat pencahayaan.

    Kondisi Tower

    Sebelum melakukan pemanjatan, cek kondisi tower yang akan kita panjat. Pastikan kondisi tower masih bagus dan tower masih berdiri tegak dan juga cek kondisi baut
    sebagai penghubung antar sesion dan kawat spaner yang menjadi inti kekuatan tower pastikan telah rapat.

    Sabuk Pengaman

        Pastikan sebelum memanjat tower, kondisi sabuk pengaman masih baik. Periksa pengait pada sabuk pengaman apakah masih layak untuk digunakan atau tidak. Gunakan sabuk pengaman senyaman mungkin, jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kendor (sesuaikan dengan ukuran tubuh anda).
   

    Ketelitian
    Pastikan kita telah mempersiapkan segala sesuatu yang kita butuhkan misal tang,obeng,gunting, dsb. ketika berada di tower agar tidak naik turun dari tower untuk mengambil barang yang tertinggal, karena hal tersebut akan membuat kita lelah dan boros waktu.


    Konsentrasi dalam Pekerjaan
    Kita harus konsentrasi dalam melakukan pekerjaan ketika berada di tower maupun saat proses memanjat tower. Hal tersebut sangat memengaruhi hasil dari pekerjaan kita. Pastikan pada saat melakukan perkerjaan kita dalam keadaan senyaman mungkin. Misalnya, jangan terlalu tegang dan panik  dan jangan takut ketinggian pada saat di tower,usahakan tenang namun tetap berhati hati terhadap pekerjaan.

sumber :http://eliyzha.blogspot.com/2015/05/blc-telkom-standar-operating-procedure.html