Instalasi Web Server pada Server Debian 8

  Instalasi Apache Web Server pada Server Debian 8

 

Sekilas Apache Web Server

Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.

Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigur, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah.

Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang dibawah naungan Apache Software Foundation.

sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/Apache_HTTP_Server.

Instalasi Apache Web Server

  1. kita login dan masuk sebagai root kemudian  kita masukkan perintah install webserver yaitu dengan apt-get install apache2.
  2. kemudian klik Y.
  3. kemudian klik Y lagi.
  4. kemudian setelah terinstall kita masuk ke lokasi nya var/www/html dengan cd /var/www/html.
  5. kemudian kita buat file test.php.
  6. kemudian kita buat ketik phpinfo() dalam isi file dengan bahasa  pemrograman php.phpinfo merupakan sebuah fungsi bawaan PHP yang digunakan untuk mengetahui settingan PHP itu sendiri,setelah kita konfigurasi selanjutnya kita simpan dan keluar dengan Ctrl + X ,kemudian ketik Y.
  7. kemudian setelah itu kita restart konfigurasinya dengan perintah /etc/init.d/apache2 restart.
  8. kemudian kita buka web browser kita kemudian kita ketikkan IP Server kita maka telah ada tampilan dari apache.

  9. kemudian kita buka juga phpinfo dengan menambah pada ip server yaitu /test.php,sebelumnya install juga bahasa pemrograman php.
  10. ,