Konfigurasi LLDP pada Cisco

LLDP(Link Layer Discovery Protocol),merupakan protocol yang distandarisasi sebagai 802.1AB, adalah protocol untuk penemuan jaringan terstandarisasi yang bertujuan untuk menggantikan berbagai macam protocol propietary seperti Cisco seperti CDP (Cisco Discovery Protocol), dan NDP (Nortel discovery protocol).seperti kita bahwa CDP memiliki kelemahan yaitu hanya mendukung perangkat Cisco.jika kita sebagai administrator jaringan dengan menggunakan banyak vendor tentu akan kesulitan.LLDP Ini membantu administrator jaringan untuk mengidentifikasi perangkat tetangga (termasuk port jarak jauh) dari perangkat yang mereka konfigurasi. Sebagai protokol tautan-lapisan, LLDP bekerja tanpa memerlukan konfigurasi IP yang valid pada perangkat namun dengan syarat dimana port terhubung dan LLDP telah dijalankan ke perangkat jaringan.


Pertama dalam konfigurasi kali ini saya membuat topologi seperti gambar dibawah ini.


nah dalam konfigurasi kali ini saya tidak menggunakan IP address sama sekali.namun agar lldp bisa berjalan dengan baik.nyalakan lldp dengan perintah "lldp run".
Disini saya menyalakan di Switch.jangan lupa lakukan ke perangkat jaringan yang terhubung juga.

Switch(config)#lldp run


kemudian setelah itu kita buka SW-1.dimana terlihat di topologi bahwa SW-1 terletak di tengah.kemudian untuk cek tetangga yang terhubung dengan lldp.ketikkan perintah "show lldp neigbour"

Switch#show lldp neighbors 


kemudian akan muncul tampilan perangkat jaringan tetangga yang terhubung ke kita.

kemudian jika kita ingin melihat detail perangkat yang terhubung ke kita ketikkan perintah "show lldp neigbour detail"

Switch#show lldp neighbors detail 


kemudian akan muncul detail perangkat yang terhubung dengan SW-1





kemudian akan muncul detail perangkat yang terhubung dengan SW-1
kemudian untuk mengecek informasi tentang lldp.

ketikkan perintah "show lldp "Switch#show lldp



Post a Comment