MAC Address konsep dan Penerapannya

Assalamualaikum Wr. Wb.
Pada Artikel selanjutnya kita membahas Tentang MAC Address.



Media Access Control (MAC) Address adalah alamat 48-bit (6 byte) yang digunakan untuk komunikasi antara dua host di lingkungan Ethernet. Ini adalah alamat perangkat keras, yang berarti disimpan dalam firmware kartu jaringan.


Struktur MAC Address


Dalam Strukturnya MAC Address dibagi menjadi 2 yaitu OUI (alamat Vendor) dan yang terakhir kode unik Produk.
Setiap pabrikan NIC mendapatkan kode 3-byte yang unik secara universal yang disebut Organizationally Unique Identifier (OUI).nah OUI sendiri diletakan diawal MAC Address.sementara yang kedua merupakan kode unik produk.sebagai contoh misal ada sebuah MAC Address seperti gambar dibawah ini.


 disitu terlihat MAC Address 44:37:e6:6f:7c:ee
 nah dari situ berarti untuk OUI adalah 3 byte pertamanya -> 44:37:e6
 sementara kode unik produk adalah -> 6f:7c:ee


Mac Address berfungsi untuk mengidentifikasi perangkat keras jaringan komputer sehingga perangkat bisa berkomunikasi. Karena keunikan MAC Address tersebut maka jaringan komputer dapat diidentifikasi siapa yang mengakses sebuah jaringan.MAC address juga berfungsi memetakan suatu perangkat fisik menuju alamat  logical sehingga ada suatu Proses yang dinamakan ARP.

ARP sendiri merupakan Address Resolution Protocol .seperti proses terjadinya ping ke jaringan.misal kita memiliki alamat IP 192.168.1.2 dan akan ngeping IP 192.168.1.1 .alamat IP merupakan alamat logical nah bagaimana caranya tau itu perangkat secara fisik ada dimana.nah untuk itu dinamakan nya sebuah proses ARP.jadi secara langsung ketika kita memiliki perangkat PC dengan IP 192.168.1.2 kita ping ke 192.168.1.1 maka si ARP membroadcast dan melihat IP yang dituju setelah itu IP itu secara fisik milik siapa .maka terjadi proses broadcast frame.setelah menjawab maka ARP akan mencatat itu ke dalam ARP table sehingga memudahkan untuk pengiriman data.

oke jika bingung saya akan membuat gambaran ini.misalkan MAC address merupakan Nomor Induk Siswa, IP address merupakan nama siswa yang ada disekolah.Nomor Induk siswa setiap siswa berbeda dan tidak ada yang sama.proses ARP kita misalkan suatu proses pencatatan data siswa yang akan mengikuti ujian.nah guru akan membagikan kartu ujian kepada siswa nya yang akan mengikuti ujian.tiap siswa itu dipanggil masing masing namanya kemudian siswa menjawab kepada guru dengan mengisi form nama dan Nomor Induknya. 
setelah guru mencatat masing masing nomor induk dan nama siswa maka guru akan menyimpan tersebut di form.sehingga saat membutuhkan dokumen siswa .guru hanya melihat form saja.seperti itu MAC address jadi seperti halnya Nomor Induk Siswa yang memetakan Nama Siswa.MAC Address juga memetakan suatu alamat fisik ke dalam alamat Logical.



Semoga Bermanfaat
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Post a Comment