Konfigurasi Simulator Jaringan Cisco Packet Tracer Mobile di Android

Assalamualaikum Wr. Wb.
Setelah saya menyelesaikan buku CCNA RS saya iseng iseng kemudian membuka Smartphone saya dan kemudian mengetikkan Cisco Packet Tracer di play store.Nah ternyata ada aplikasi Resmi Cisco Packet Tracer Mobile buatan Cisco System Inc.kemudian saya penasaran dan akhirnya saya mencobanya dan berikut sekilas penjelasan tentang Cisco Packet Tracer Mobile.





Cisco Packet Tracer Mobile adalah aplikasi simulator jaringan Cisco yang diperuntukan untuk OS android.bagi yang sering menggunakan Cisco Packet Tracer tentu tidak asing lagi karena memangg Packet Tracer merupakan aplikasi desktop yang biasanya digunakan untuk mensimulasikan jaringan yang biasanya ada di OS Windows, Linux ataupun MAC OS.

Untuk Versi Mobile Cisco Packet Tracer sendiri dirilis sejak tahun 2014.Packet Tracer Mobile membutuhkan Android 4.2 atau diatasnya pada tablet ARMv7 CPU dan dioptimalkan untuk layar dengan ukuran minimum 7 inci. Beberapa perangkat dengan CPU x86 berisi terjemahan biner yang memungkinkan aplikasi ini berjalan pada kecepatan rendah. Tidak disarankan untuk perangkat layar yang lebih kecil, meskipun akan berjalan, kegunaan Anda akan bervariasi.

Install Cisco Packet Tracer Mobile


1.Pertama, Pastikan Smartphone anda telah terkoneksi internet.masuk ke play store dan ketikkan di pencarian "packet tracer mobile".kemudian akan muncul di paling atas.kemudian klik.





2.kemudian kita akan masuk ke detail aplikasinya.setelah itu kita klik install.



3.kemudian kita diminta akses dan persetujuan.kita klik Terima.



4.kemudian akan terjadi proses pengunduhan dan pemasangan.tunggu prosesnya sampai selesai.



5.kemudian setelah selesai kita buka aplikasi packet tracer mobile di smartphone kita.



6.disini kita diberi pilihan.jika anda memiliki akun netacad maka silahkan langsung klik login page dan isi username password anda.jika belum punya bisa klik guest login.disini saya memakai guest login (optional).



7.kemudian akan muncul gambar berikut.klik new.



8.kemudian muncul workspace.disini saya klik menu router.



9.kemudian akan muncul beberapa router yang tersedia.klik router yang ingin digunakan (disini saya menggunakan Router 1841)



10.kemudian setelah router terbentuk.pilih end device yang digunakan.disini saya menggunakan PC.


11.kemudian setelah itu untuk memasang kabel klik pada perangkat router dan pilih auto connect kemudian klik menuju PC.maka akan membentuk kabel otomatis.


12.untuk setting IP PC.klik PC kemudian pilih desktop.kemudian klik pada IPv4 Configuration.



13.Kemudian isi IP Address,Subnet Mask,dan Gateway secara static.kemudian klik Apply Changes untuk menyimpan Konfigurasi






14.kemudian kita setting IP pada Router.klik ikon Router kemudian pilih CLI (Command Line Interface).kemudian akan masuk tampilan seperti berikut.



15.kemudian kita setting IP di Interface Router.karena tadi menggunakan kabel otomatis maka akan dimulai dari interface paling awal di router yang digunakan.(disini saya menggunakan Router 1841.maka interface yang terpakai adalah FastEthernet 0/0)



16.kemudian kita uji koneksi.kita ping dari PC0 ke Router.


kemudian jika sudah reply maka telah connect.

17.Selanjutnya kita save konfigurasi.klik pada more kemudian pilih save as.



18.kemudian ubah nama sesuai yang diinginkan.kemudian klik save.




19.Kemudian tunggu proses penyimpanan beberapa saat.



20.kemudian file konfigurasi kita akan tersimpan dengan format pakkettracer (pkt) .disini kita juga bisa menshare ke FB ataupun Twitter.




Kesimpulan : Packet Tracer Mobile merupakan software simulator android yang cocok bagi anda yang ingin mencoba simulasi jaringan cisco dengan perangkat mobile namun packet tracer mobile ini memiliki keunggulan diantaranya Fleksibel, mudah digunakan, Fitur cukup lengkap, Semua fungsionalitas berjalan dengan baik namun yang patut diperhatikan packet tracer mobile Harus menggunakan CPU ARMv7 dan Android versi 4.1 keatas.selain itu tidak disarankan untuk digunakan pada smartphone layar 4 inci atau dibawahnya karena akan sangat sulit.Packet Tracer Mobile direkomendasikan digunakan pada smartphone dengan layar 7 inci.

Post a Comment