Pengenalan IOS dan Command Mode Cisco

Assalamualaikum Wr. Wb.
Pada Kesempatan hari ini saya akan membahas tentang Pengenalan Cisco IOS dan bagaimana Command mode yang ada di Cisco itu sendiri.berikut penjelasannya.



 Pengenalan IOS

 IOS (Internetwork Operating System) adalah sistem operasi multitasking yang digunakan pada sebagian besar router dan switch Cisco. IOS memiliki antarmuka baris perintah dengan jumlah perintah beberapa kata yang telah ditentukan. Sistem operasi ini digunakan untuk mengonfigurasi perutean, pengalihan, pengerjaan internet dan fitur lainnya yang didukung oleh perangkat Cisco.

IOS sendiri memiliki beberapa versi sebagai contoh berikut

 T  ---> Technologies : Merupakan Versi Stabil
 S  ---> Service Provider : diperuntukan untuk ISP dengan fitur khusus
 XR --> Service Provider : diperuntukan untuk Perangkat ISP namun yang memiliki unjuk kerja sangat tinggi.memiliki kelebihan daripadan seri S
E ---> Enterprise : Diperuntukan untuk Perusahaan end user, yang hanya akses pusat dan cabang.


Cara Akses IOS untuk Menggunakan Perangkat Cisco.

1.Console : untuk masuk ke IOS terhadap perangkat Cisco yang belum pernah dikonfigurasi sama sekali diperlukan kabel Console atau biasa disebut dengan kabel Rollover.berikut adalah gambar kabel console.
2.Telnet : Telnet merupakan Metode akses Perangkat Cisco menggunakan Virtual Terminal (vty) artinya via remote.jadi sebelumnya perangkat Cisco Telah dikonfigurasi dan diremote menggunakan Telnet.Kekurangan Telnet adalah mengirimkan data bertipe plain text.tidak adanya enkripsi membuat telnet kurang aman dan tidak disarankan untuk penggunaan perangkat dalam industri.

3.SSH (Secure Shell): Hampir sama seperti telnet yang menggunakan virtual terminal (vty)namun SSH memiliki extra Layer Pengamanan yang telah dienkripsi jalur komunikasinya menggunakan publik-key Cryptografi.sehingga lebih aman jika dibanding Telnet.



Command Mode Cisco

Saat kita melakukan Konfigurasi Perangkat Cisco.pada dasarnya Command Mode Cisco dibagi menjadi 3 Bagian yaitu  user exec, privileged exec, and the global configuration mode.Setiap Mode memiliki manfaat serta tujuan dan kegunaan yang berbeda satu sama lain.dalam pengenalan Cisco ini akan di jelaskan masing masing Command Mode ini.

User EXEC mode




User EXEC mode merupakan level awal saat masuk Router ataupun Switch.nah secara umum kegunaan untuk melihat informasi informasi system.user exec ditandai dengan tanda ">" pada prompt nya.



Privileges mode


 rivileges mode sering disebut juga enable mode karena harus memasukkan perintah enable dari mode user EXEC jika Anda ingin mengakses mode ini. Anda dapat menggunakan lebih banyak perintah dalam mode EXEC yang diistimewakan daripada yang dapat Anda gunakan dalam mode EXEC pengguna. Anda dapat menyimpan konfigurasi perangkat atau memuat ulang perangkat dalam mode ini.privileges mode ditandai dengan tanda "#" di prompt nya.

Global Configuration Mode



 Global Configuration mode digunakan untuk mengonfigurasi perangkat.disini dapat mengatur nama host, mengkonfigurasi autentikasi, mengatur alamat IP untuk interface, dll. Dari mode ini Anda juga dapat mengakses submode, misalnya mode interface, dari mana Anda dapat mengkonfigurasi yang ada di interface.

Interface Configuration Mode.



Mode konfigurasi global berisi banyak submode. Misalnya, jika Anda ingin mengkonfigurasi interface, Anda harus masuk ke mode konfigurasi interface. Setiap submode hanya berisi perintah yang berkaitan dengan sumber daya yang sedang dikonfigurasi.


Tips dan Trik Command Mode Cisco

1.Meminta bantuan di Cisco.

   Jika kita mulai mengkonfigurasi Cisco dan kita bingung kita bisa meminta bantuan dengan mengetikkan perintah "?".tanda tanya digunakan untuk melakukan bantuan menampilkan perintah apa yang ada di suatu mode atau pun melengkapi perintah yang ditentukan dengan mencari perintah yang sesuai.seperti contoh gambar dibawah ini.



2.,Menjalankan perintah istimewa dalam mode konfigurasi global.

   jika kita menjalankan konfigurasi perintah ditempat yang tidak sesuai maka akan menimbulkan error.misal disini saya akan memanggil perintah untuk menampilkan waktu di user exec mode dengan perintah:
Router# show clock detail



 sekarang saya akan mengetikkan perintah yang sama di Global Configuration mode maka hasilnya akan error seperti gambar di bawah ini.
Router(config)#show clock detail


Caranya adalah dengan memaksa perintah berjalan dengan menambah do didepan perintah tersebut.
Router(config)#do show clock detail






Post a Comment