Menonaktifkan Fitur Recovery Password pada Cisco

Sebagian besar Seorang yang bisa mengoperasikan perangkat Cisco mengetahui teknik recovery password yang dimiliki peralatan Cisco. Jika itu terjadi,maka hal tersebut bisa berbahaya karena seseorang bisa saja masuk melalui mode ini untuk mengetahui isi konfigurasi kita dan mengacau isinya.

Dengan menonaktifkan fitur recovery password artinya kita  mencegah siapa pun yang memiliki akses fisik ke perangkat (misalnya Port Console)untuk  melakukan proses Recovery Password dan mendapatkan akses ke konfigurasinya.

Menonaktifkan layanan ini memerlukan perhatian ekstrem karena jika kita kehilangan password, tidak ada jalan untuk kembali. Sangat disarankan untuk selalu melakukan backup di storage external yang aman untuk selalu berjaga jaga.


pada konfigurasi kali ini kita akan menggunakan topologi seperti berikut ini.



kemudian pertama konfigurasi lah IP dengan benar.kemudian masuk pada Router lalu.disini router kita telah kita konfigurasi hostname,IP address,dan user privileges password.kemudian untuk menonaktifkan fitur Recovery password pada Router ketikkan perintah "no service password-recovery".kemudian simpan konfigurasi.

setelah itu kita coba untuk uji koneksi dengan cara masuk mode rommon.matikan dan nyalakan ulang perangkat router.kemudian setelah itu kita coba masuk mode rommon.maka akan muncul tulisan
 
 
 
PASSWORD RECOVERY FUNCTIONALITY IS DISABLED



tulisan diatas menandakan konfigurasi kita telah berhasil.pada praktek kali ini saya tidak menggunakan Packet Tracer.jika para pembaca ingin mempraktekan nya maka gunakan simulator GNS3 atau menggunakan Real Device.

Semoga Bermanfaat.

Post a Comment