OSI Layer dan TCP/IP

OSI LAYER

 OSI LAYER (Open System Interconnection) dibuat oleh International Organization for Standardization (ISO), sebuah badan pengaturan standar internasional. Itu dirancang untuk menjadi model referensi untuk menggambarkan fungsi sistem komunikasi. Model OSI menyediakan kerangka kerja untuk membuat dan menerapkan standar dan perangkat jaringan dan menjelaskan bagaimana aplikasi jaringan pada komputer yang berbeda dapat berkomunikasi melalui media jaringan.

LAYER OSI memiliki 7 layer dengan masing masing memiliki kegunaan yang berbeda.berikut adalah 7 Lapisan OSI Layer.




Jadi, apa tujuan dari lapisan-lapisan ini?

Dengan adanya OSI Layer memungkinkan untuk mengimplementasikan beberapa fungsi ke dalam perangkat jaringan, yang kemudian memungkinkan interoperabilitas yang lebih mudah dengan perangkat dari vendor lain.jadi OSI Layer adalah acuan komunikasi data di jaringan.

Penjelasan Masing-masing tentang OSI Layer.

Physical - menentukan cara memindahkan bit dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Ini merinci bagaimana kabel, konektor dan kartu antarmuka jaringan seharusnya berfungsi dan bagaimana mengirim dan menerima bit.
Contoh dari OSI Layer satu adalah NIC(Network Interfaces Cards).

    Data Link - merangkum paket dalam Frame. Frame berisi header dan  yang memungkinkan perangkat berkomunikasi. Header (paling umum) berisi sumber dan alamat MAC tujuan. Format berisi bidang Urutan Pemeriksaan Frame , yang digunakan untuk mendeteksi kesalahan transmisi. Lapisan data link memiliki dua sub-lapisan:

1. Logical Link Control - digunakan untuk kontrol aliran dan deteksi kesalahan.
2. Media Access Control - digunakan untuk pengalamatan perangkat keras dan untuk mengontrol metode akses.
Contohnya adalah MAC Address

    Network
- mendefinisikan pengalamatan perangkat, perutean, dan penentuan jalur. Pengalamatan perangkat (logis) digunakan untuk mengidentifikasi host di jaringan (mis. Dengan alamat IP-nya).Contohnya adalah IP Address.

    Transport
- mengelompokkan potongan besar data yang diterima dari protokol lapisan atas. Membuat dan mengakhiri koneksi antara dua komputer. Digunakan untuk kontrol aliran dan pemulihan data.contohnya adalah TCP dan UDP


    Sessions
- mendefinisikan cara membuat dan mengakhiri sesi antara kedua sistem.


    Presentation - mendefinisikan format data. Kompresi dan enkripsi didefinisikan pada lapisan ini.

    Application- lapisan ini adalah yang paling dekat dengan pengguna. Ini memungkinkan aplikasi jaringan untuk berkomunikasi dengan aplikasi jaringan lainnya.Contohnya adalah Protocol HTTP,FTP,








 TCP / IP

Model TCP / IP dibuat pada 1970-an oleh Defense Project Advance Research Agency (DARPA) sebagai model jaringan publik yang terbuka, netral vendor, dan model jaringan publik. Sama seperti model OSI, ini menggambarkan pedoman umum untuk merancang dan mengimplementasikan protokol komputer. Ini terdiri dari empat lapisan: Network Access, Internet, Transport, dan Aplikasi.



Berikut ini adalah deskripsi singkat dari setiap lapisan:

    Network Access - mendefinisikan protokol dan perangkat keras yang diperlukan untuk mengirimkan data melalui jaringan fisik.

    Internet - mendefinisikan protokol untuk transmisi logis paket melalui jaringan.

    Transport - mendefinisikan protokol untuk mengatur tingkat layanan transmisi untuk aplikasi. Lapisan ini bertanggung jawab untuk pengiriman data yang andal dan pengiriman paket yang bebas dari kesalahan.contohnya TCP dan UDP

    Aplikasi - mendefinisikan protokol untuk komunikasi aplikasi node-ke-node dan menyediakan layanan untuk perangkat lunak aplikasi yang berjalan di komputer.


Hubungan Antara OSI Layer dan TCP/IP

Model OSI menentukan langkah-langkah yang diperlukan untuk komunikasi data melalui jaringan dan sangat spesifik di dalamnya, menentukan protokol mana yang digunakan pada setiap lapisan dan bagaimana Model TCP / IP tidak spesifik detail namunmenjelaskan langkahnya. Dapat dikatakan bahwa model OSI menentukan dan menjelaskan model TCP / IP.Jadi Kesimpulannya adalah OSI Layer adalah Konsep Komunikasi data sedangkan TCP/IP Penerapan dari Prosesnya OSI Layer.


Dalam Penerapannya yang digunakan di Vendor adalah TCP/IP.Seorang yang Fokus di Jaringan akan banyak berkutat di Layer 1 hingga 4 .mulai dari Physical hingga Transport.untuk itu seperti apa penerapannya OSI Layer di Jaringan akan dibahas di Postingan Selanjutnya.




Post a Comment