Recovery Password Cisco Router

Dalam Konfigurasi kali ini saya akan membahas tentang Recovery Password pada Cisco.dimana dalam hal ini sangat penting karena jika kita telah mengkonfigurasi perangkat jaringan kemudian kita ingin menambah konfigurasi ke Router maka tidak bisa masuk router tentu akan sangat rumit dan berbahaya bila harus menghapus dan mengkonfigurasi ulang apalagi jika kita belum punya backup.untuk itu dalam konfigurasi kali ini berguna untuk mengatasi masalah seperti itu.


Pertama kita buat topologinya seperti gambar berikut.

dalam konfigurasi tersebut kita sudah setting IP sesuai skenario.kemudian disini juga telah saya konfigurasi SSH di Router.untuk cara tidak dijelaskan karena telah dilakukan di konfigurasi sebelumnya.

pertama kita coba masuk router,kemudian coba masuk ke router.masukkan password salah selama 3 kali maka akan muncul tampilan peringatan seperti berikut.

kemudian kita matikan perangkat router cisco lalu nyalakan kembali.sebelum loading selesai.klik Ctrl + C untuk masuk mode rommon.

 kemudian setelah masuk mode rommon.ketikkan perintah "confreg 0x2142"





kemudian kita matikan dan nyalakan ulang perangkat lagi.maka akan muncul tampilan seperti router kosong.confreg 0x2142 sebenarnya adalah perintah yang dimasukkan mode rommon agar boot IOS tidak melakukan pembacaan NVRAM.sehingga langsung ke RAM.RAM dan NVRAM telah dijelaskan di artikel sebelumnya.

kemudian kita masuk mode priveleges cisco.lalu kita copy konfigurasi NVRAM ke RAM dengan perintah "copy startup-config running-config"


kemudian konfigurasi telah tercopy dimana terlihat hostname telah berubah jadi perintah tersebut untuk meload konfigurasi di NVRAM.
untuk menampilkan ringkasan konfigurasi dengan "show running-config"

dari gambar diatas akan terlihat dimana gambar konfigurasi yang tadi.
selanjutnya kita buat password baru.
RT0(config)#enable secret DAMAR


kemudian kita simpan konfigurasi kita ke NVRAM dengan perintah "copy running-config startup-config"
ingat dan hati hati dalam penggunaan nya.jangan sampai terbalik akan justru berbahaya.

kemudian setelah kita simpan.kemudian kita matikan dan kita hidupkan lagi lalu tekan Ctrl + C agar kita kembali masuk mode rommon


setelah masuk.kemudian kita setting agar BIOS system bisa membaca NVRAM lagi dengan perintah "confreg 0x2102"



kemudian setelah itu kita matikan dan nyalakan ulang perangkat.kemudian kita masukkan password baru.


Post a Comment