Konsep Dasar Jaringan

Assalamualaikum Wr. Wb.





Pada kesempatan kali ini saya akan membahas apa itu Jaringan secara konsep.mungkin pada awalnya kalo kita punya perangkat komputer dan berlangganan pada sebuah ISP sebut saja misal Indihome kita konek ke perangkat indihome lalu kita bisa akses google maka kita bisa akses internet.sebagaimana contoh gambar di bawah ini.




tapi faktanya tidak langsung seperti itu.ternyata ada beberapa proses yang terjadi maka akan jadi seperti ini.






jadi dapat disimpulkan bahwa misalkan kita telah berlangganan Akses Internet ke ISP Telkom dan kita gunakan untuk mengakses Google.maka ISP kita harus melewati beberapa perangkat ISP hingga bisa sampai ke Server Google di amerika.perlu beberapa proses dan hal lainnya juga.ibarat kita mau ke amerika dari rumah kita di indonesia.kita perlu naik pesawat nah pesawat itu rutenya mengharuskan kita transit ke singapura,lalu transit cina lalu lewat rusia,baru ke amerika.jadi saat kita akses internet ada beberapa proses terjadi sebelum sampai tujuan.

Pengertian Jaringan dan Internet.

Network atau jaringan adalah beberapa perangkat jaringan yang saling terhubung satu sama lain yang memiliki fungsi dan tujuan masing - masing sehingga dapat bertukar informasi dan data pada internet.jaringan erat kaitannya dengan internet.apa itu internet?

Internet adalah (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global.
Jadi Internet adalah Jaringan yang terhubung di sekuruh dunia.

Manfaat Jaringan Internet
Dengan adanya jaringan Internet sangat membantu manusia.diantaranya misal ketika berkirim surat.seseorang tak harus menunggu berbulan bulan menunggu kurir POS.sekarang hanya tinggal kita komunikasi dengan media sosial ataupun berkirim pesan secara mudah dengan email.selain itu juga bisnis dulu seseorang harus kemana mana bawa uang untuk melakukan Transaksi.namun sekarang dengan teknologi jaringan dan internet seorang pun bisa melakukan pembayaran apapun hanya tinggal pencet pencet henpon sudah bisa.


Kembali Ke Jaringan Dasar

Melihat contoh dibawah ini.terlihat terdapat 2 Komputer yang saling terhubung dengan kabel.lalu pertanyaan apakah itu sebuah jaringan ? dapat disimpulkan setelah melihat rangkuman dibawah ini





Komponen Penyusun Jaringan

Komponen penyusun jaringan ada 4 yaitu Perangkat Jaringan(Device), Media Transmisi, Pesan (Message),Aturan atau Protocol.berikut penjelasannya


1.Perangkat Jaringan


 
   Perangkat jaringan adalah alat alat yang dibutuhkan untuk membuat koneksi jaringan dalam hal ini perangkat keras yang digunakan.misalnya
Router,Switch,Laptop atau Komputer,dll.

2.Media Transmisi



   Media Transmisi adalah media penghantar data yang dikirim ke jaringan.secara umum media terbagi menjadi 2.yaitu Media Kabel (Wire) terdiri dari Kabel UTP,kabel Koaksial dan Fiber Optic dan Media Transmisi Tanpa Kabel (Wireless) yaitu Wifi,Satelit.

3.Pesan
   Pesan adalah tipe pesan yang dikirim dalam jaringan misalnya email (menggunakan Protocol POP dan SMTP),Kemudian www (menggunakan Protocol HTTP).

4.Protokol
  Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer.contohnya adalah HTTP,DNS,DHCP,dll.Protocol yang utama dalam Jaringan adalah OSI Layer dan TCP/IP.dimana OSI Layer dan TCP/IP dan konsepnya akan dijelaskan di materi selanjutnya


Berikut Sekilas Tentang Konsep Dasar Jaringan.Semoga Bermanfaat
Wassalamualaikum. Wr. Wb.

Post a Comment